Misteri Goa Pengantin

in indonesia •  last month

    goa-pengantin.pngSource

    Di balik keindahan alam, serta pemandangan menakjubkan di dalamnya, Goa Pengantin di kawasan Rumpin, Bogor, Jawa Barat, ternyata banyak mengalirkan kisah di luar nalar. Konon dari sejarah keberadaannya, hingga setiap titik persingahan yang ada di dalam goa.

    Panjang kurang lebih 40 meter tersebut, yang di dalamnya juga terdapat mata air mengalir, semua beraroma peristiwa mistis.

    Terletak di tepi sungai Cisadane, Rumpin, Bogor, Goa Pengantin awalnya bernama Goa Batu Purut. Goa Pengantin sendiri berawal dari kisah seorang Raja di wilayah Padjajaran, yang tak tau gadis yang ingin ia nikahi, ternyata putri kandungnya sendiri yang telah hidup terpisah dengannya dalam kurun waktu yang lama.

    Namun, niat sang Raja coba di gagalkan sang istri, yang tak lain merupakan ibu kandung sang putri. Caranya, dengan menyembunyikan putrinya di Goa Pengantin, seraya mengajukan syarat kepada suami, yaitu boleh menikahi putrinya, jika sang Raja bisa membendung sungai Cisadane, dan membelokkannya ke wilayah Banten dalam waktu semalam.

    Lantas berhasilkah sang Raja memenuhi syarat tersebut, dan kemudian menikahi putri kandungnya sendiri ?

    "Jadi, namanya Goa Pengantin sebetulnya ya nggak jadi, di karenakan apa ? Ini sama ceritanya sama Sangkuriang, cuma ini namanya bapak sama anak. Kalau Sangkuriang kan ibu sama anak. Cuma waktu itu Sang Raja itu tidak mengerti bahwa anaknya di bawa ke Goa Pengantin. Jadi, sang Raja memaksa ingin menikahi putrinya di karenakan tidak tau. Ini asli Rumpin, ya di dalam masalah di tinggalin, bagaimana mereka bisa sampai pisah saya kurang tau. Pokokoknya ketemunya sudah dewasa, ketemunya sudah cantik. Ibunya minta tolong di bendungin Cisadane, di pindahin ke arah Banten, jangan ke arah Tangerang. Ya, ternyata sang Raja tidak mampu membendung kali Cisadane itu. Anaknya itu Mayangsari, pokoknya lama lah pisahnya itu. Tau-tau ketemu, lihat sudah dewasa dan cantik. Jadi, sang Raja itu ngerti gitu, ingin menikahi. Kata ibu, ini anakmu, jangan."

    Kegagalan hulu balang membendung sungai Cisadane, dan membelokkannya ke wilayah Banten dalam semalam, membuat niat sang Raja untuk menikahi sang putrinya pun gagal.

    Hal ini pun memantik kemarahan sang Raja. Konon sang Raja pun melampiaskan kemarahannya dengan menginjak sebuah batu berukuran besar, hingga terbelah menjadi dua. Batu itulah yang kini terletak persis di seberang goa, dan di kenal dengan sebutan "Batu purut."

    Konon di waktu-waktu tertentu, warga kerap melihat penampakan maung, atau harimau di atas batu purut tersebut. Ya, inilah harimau gaib penjaga sungai Cisadane dan Goa Pengantin.

    Goa Pengantin sendiri memiliki 2 mulut goa sebagai pintu masuk. Saat memasuki salah satu mulut goa, aura tak biasa langsung menyergap. Suasana gelap kian menambah aura tak biasa goa sepanjang kurang lebih 4 meter tersebut.

    Jangan lupa mengucapkan salam sebagai tanda perkenalan, dan juga izin untuk masuk dan menelusuri goa.

    "Ini sebenarnya kaya cerita-cerita legenda, yang cerita-cerita orang belum tentu benar atau nggaknya. Cuma lebih di ambil positifnya saja lah, kata orang-orang itu kalau punya niat jelek nanti terjadi apa-apa. Itu sebenarnya lebih ke kita ambil positifnya saja lah. Jadi, jangan punya niat macam-macam di goa itu, apalagi yang nggak-nggak."

    Selepas pintu masuk, terdapat pintu gerbang menuju tempat shalat. Sebagaimana tempat shalat pada umumnya, tempat ini terlihat lebih bersih dan nyaman.

    Di sebelah kanannya terdapat lorong menuju pintu kedua yang akan menjadi jalur pengunjung menuju bagian lebih dalam dari goa tersebut.

    Namun untuk menuju ke dalam, pengunjung harus masuk dengan merunduk, lantaran rendahnya bagian atas goa.

    Setibanya di dalam goa, pengunjung harus benar-benar memiliki niat bersih dan tidak boleh merusak, apalagi sampai mencuri patung-patung magnit yang berbentuk sepasang pengantin. Karena, jika sampai mencuri salah satu patung tersebut, pelaku akan terus di paksa oleh kekuatan tak kasat mata, untuk mengembalikan patung tersebut ke tempatnya.

    Menuju bagian utama goa, di mana terdapat sumur terbalik dan juga pelaminan, atau kursi pengantin. Pengunjung harus kembali memberi salam, dan meminta izin untuk masuk. Tidak hanya itu, pengunjung juga harus melantunkan adzan.

    Sumur terbalik sendiri muncul lantaran dari sebuah curuk goa mengalir mata air. Konon mata air dari sumur mata air terbalik ini memiliki khasiat yang mampu membuat wajah berseri, dan awet muda.

    Meski masih ada lorong lainnya menuju bagian atas goa, namun untuk mempersingkat cerita, jari-jari pun sudah tidak kuat lagi mengetik, maka saya akan membawa anda dalam cerita ini sampai ke tempat pelaminan, atau kursi pengantin.

    Konon di kursi inilah Nyimas Gandasari, istri sang Raja, atau ibunda Nyimas Mayang Sari, calon mempelai wanita, kerap menampakkan diri.

    Dan bagi para pengunjung yang berani duduk di kursi tersebut, kabarnya akan enteng jodoh.

    Lantas, mengapa penerangan di Goa Pengantin hanya sampai di bagian kursi pengantin, dan benarkah untuk naik ke bagian paling atas goa, ada syarat-syarat khusus yang harus di penuhi pengunjung. Ini pun masih menjadi misteri buat saya, hingga akhirnya harus menyudahi tulisan sampai di sini 😁

    CATATAN:

    "Kalau lah ada orang yang meminta-minta kepada selain Allah SWT, karena itu goa banyak ceritanya, kelebihannya begini... Begini... Begini... Kalau dia mengesampingkan Allah SWT, justru ia meyakini bahwa penghuninya lah yang akan memberikan keistimewaan kepadanya, memberikan rizki, awet muda, dan sebagainya. Maka hal tersebut masuk dalam keadaan musyrik, orang-orang musyrik."

    Salam kompak selalu💫

    ~Keep writing~

      Authors get paid when people like you upvote their post.
      If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE BEARS!
      Sort Order:  

      👋Hello, Crypto Blogger. How are you? Check out my new post could be for you it is a great opportunity. https://bearshares.com/serey/@real-opsin/introducing-serey-io-a-decentralizing-blockchain-based-social-media-platform-with-an-ecosystem

      ·

      Okey, thank information.

      ·
      ·

      Welcome